Free Porn
Kamis, 30 Mei 2024
Beranda Ekonomi Papua Barat Miliki SDA Melimpah, Filep Wamafma Harap BI Dorong Peningkatan Perekonomian...

Papua Barat Miliki SDA Melimpah, Filep Wamafma Harap BI Dorong Peningkatan Perekonomian Rakyat

MANOKWARI, JAGAINDONESIA.COM – Wakil Ketua Komite I DPD RI Dr. Filep Wamafma menghadiri acara Bank Indonesia Perwakilan Papua Barat yang bertajuk Papedanomics yakni Pekan Perekonomian Daerah Papua Barat di Manokwari, Jumat (7/7/2023).

Dalam acara yang mengangkat tema “Strategi Pertumbuhan Ekonomi Provinsi Papua Barat Pasca Pembentukan DOB, Edukasi Literasi Ekonomi dan Keuangan Inklusif Bank untuk Peningkatan Aksesibilitas Transformasi Ekonomi” ini, Dr. Filep Wamafma berkesempatan menyampaikan sambutan.

Dalam sambutannya, Filep mengatakan, Papua Barat memiliki berbagai macam sumber daya alam (SDA) yang potensial sehingga dapat memberikan manfaat ekonomi bagi masyarakat dan pemerintah daerah.

Oleh sebab itu, dirinya menekankan pentingnya peran Bank Indonesia untuk mendukung UKM masyarakat guna mendongkrak ekonomi kerakyatan yang berkelanjutan.

“SDA Papua Barat sangatlah luar biasa, namun tata kelola potensi perekonomian belum diberdayakan secara maksimal. Tapi kita yakini bahwa BI Perwakilan Papua Barat bisa memberikan dukungan dan dorongan untuk kemajuan perekonomian rakyat,” kata Filep Wamafma.

Lebih lanjut, Filep mengingatkan kepada seluruh perusahaan yang menanamkan investasi di Papua Barat harus memperhatikan tanggung jawab sosial atau CSR sekaligus sebagai bentuk kontribusi kepada masyarakat.

“Hal ini perlu diperhatikan, sebab sejauh ini dari pemantauan dan aspirasi yang diterima dari daerah, CSR dari perusahaan yang beroperasi masih sangat kecil, misalnya sebut saja BP Migas Teluk Bintuni yang saat ini belum maksimal dan terbuka tentang dana CSR-nya kepada masyarakat.

Anggota DPD RI asal Papua Barat ini menyampaikan bahwa kemajuan ekonomi Papua Barat tidak dapat hanya mengandalkan sumber APBD, namun juga kreativitas pemanfaatan SDA untuk meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD).

“Untuk mendorong ekonomi rakyat jauh lebih baik kedepannya, perlu ada kolaborasi antara pemerintah dan BI untuk bersama-sama melihat persoalan yang dihadapi masyarakat. Dan bukan saja di daerah perkotaan, namun sampai ke pelosok Papua Barat,” tutupnya. (WRP)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Berita Terkini

- Advertisment -