Senin, 22 April 2024
Beranda Pariwisata dan Kuliner Wajib Coba! Kuliner Khas Nganjuk, Sego Pecel Godong Jati

Wajib Coba! Kuliner Khas Nganjuk, Sego Pecel Godong Jati

NGANJUK, JAGAINDONESIA.COM – Setiap daerah di Indonesia memiliki makanan khas yang dimiliki dan menjadi ciri khusus dari daerah tersebut. Dari sekian banyak kuliner khas nusantara dari Sabang hingga Merauke, Sego Pecel Godong Jati adalah satu diantaranya.

Sego Pecel Godong Jati adalah kuliner khas Kabupaten Nganjuk yang memiliki keunikan tersendiri. Sego dalam bahasa Jawa berarti Nasi. Sedangkan Pecel dalam kuliner jawa merupakan sambal yang berasal dari racikan khas bumbu-bumbu khusus dengan bahan dasar kacang tanah dan dipadukan dengan sayuran seperti kangkung, bayam, tauge, mentimun dan sayuran lainnya.

Aroma sambal pecel yang melumuri sayur-sayuran itu juga tidak kalah uniknya dan seketika mengundang nafsu untuk makan. Sedangkan Godong Jati adalah daun (Godong dalam bahasa Jawa) dari pohon jati. Kemudian sego pecel (nasi pecel) khas Nganjuk disajikan tidak di atas piring maupun anyaman khusus tapi cukup disajikan di atas daun Jati atau Godong Jati. Penyajian itu memiliki aroma, rasa, hingga sensasi tersendiri saat menyantap sego pecel.

Sego Pecel (Gocel) Godong Jati di Nganjuk dapat kita temui di sebuah warung sederhana milik Mbok Jimur atau sangat dikenal dengan nama Sego Pecel Mbok Godong Jati Mbok Jimur.

Mbok Jimur mengaku sudah berjualan Gocel Godong Jati selama 40 tahun lamanya. Ia pun tidak banyak menjual kuliner lain dan hanya menambahkan tempe atau tahu goreng dengan rempeyek renyah yang mendukung kenikmatan saat menyantap Gocel dengan wadah Godong Jati tersebut.

Para pengunjung dari berbagai penjuru nusantara wajib mencoba cita rasa Gocel Godong Jati khas Kabupaten Nganjuk. Salah satunya dapat mengunjungi Gocel miliki Mbok Jimur yang beralamatkan di Desa Tiripan, Kecamatan Berbek di Kota Angin, Nganjuk.

Hal yang tidak kalah uniknya, Mbok Jimur selalu siap melayani pengunjung kapanpun selama 24 jam dan langsung dilayani oleh Mbok Jimur. Warung sederhana Gocel Godong Jati Mbok Jimur wajib berada dalam daftar destinasi kuliner anda saat berkunjung di Kabupaten Nganjuk, Provinsi Jawa Timur. (AY)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Berita Terkini

- Advertisment -