Minggu, 26 Mei 2024
Beranda Berita Daerah Pimpinan Komite I DPD RI Filep Wamafma Kunker di KPU PB Pastikan...

Pimpinan Komite I DPD RI Filep Wamafma Kunker di KPU PB Pastikan Pemilu 14 Februari Berjalan Lancar

MANOKWARI, JAGAINDONESIA.COM – Wakil Ketua Komite I DPD Republik Indonesia, Dr. Filep Wamafma, S.H., M.Hum melakukan kunjungan kerja (kunker) di Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Papua Barat didampingi oleh empat orang staf ahli, Senin (29/1/2024).

Dalam kunjungan kerja tersebut, Filep Wamafma bertemu dengan Ketua KPU PB Paskalis Semunya didampingi staf operator, Anggota Komisioner Bawaslu Provinsi Papua Barat Menahen J. Sabarofek dan Perwakilan Kesbangpol Pemprov Papua Barat.

Maksud dan tujuan utama dalam agenda ini adalah menjalankan tugas kelembagaan DPD RI melalui Komite I DPD RI sebagai mitra KPU RI. Kunker serupa juga dilakukan oleh masing-masing anggota DPD RI di daerah untuk memastikan proses persiapan pemilu serentak berjalan lancar.

Dalam kesempatan itu, Ketua KPU PB Paskalis mengapresiasi lembaga DPD RI yang turun langsung untuk memeriksa kesiapan KPU sebagai penyelenggara pemilu serentak tanggal 14 Februari 2024. Berdasarkan laporan dari Paskalis, KPU Provinsi Papua Barat bersama jajaran KPU di kabupaten siap untuk menyukseskan pemilu serentak, meskipun banyak kendala.

Lebih lanjut, Paskalis mengutarakan bahwa tahapan yang saat ini sedang berjalan yakni proses sortir kertas surat suara di tingkat KPUD. Menurutnya, proses ini melibatkan sejumlah petugas dari masyarakat yang dipercayakan melalui jemaat setempat untuk turut berpartisipasi langsung membantu KPU.

Sortir surat suara ini, kata Paskalis, dipastikan selesai dan surat suara segera didistribusikan beserta dokumen APK lainnya yang dipersiapkan untuk pencoblosan. Menurutnya, pendistribusian surat suara mendahulukan daerah paling jauh misalnya di KPUD kabupaten Teluk Bintuni, distrik paling terjauh akan diusahakan lebih diutamakan.

Paskalis memastikan bahwa semua kebutuhan untuk 1.923 TPS di tingkat provinsi Papua Barat terpenuhi. Ia mengaku optimistis pemilu serentak ini berjalan dengan aman, lancar dan memastikan semua pemilih di Provinsi Papua Barat menggunakan hak suaranya secara maksimal.

“Sejauh ini belum ada masalah yang besar dan semoga pemilu ini berjalan dengan baik dari awal hingga nanti pencoblosan pemilu serentak 14 Februari 2024 bisa terlaksana dengan lancar. Akan tetapi kami belum tahu apakah nanti setelah pemilu ada atau tidak masalah sengketa,” kata Paskalis.

Dia menambahkan bahwa Bawaslu dan KPU berkoordinasi dengan baik melalui berbagai kegiatan. Hal itu meliputi semua persiapan pencoblosan, mulai dari persiapan dokumen yang sudah dilakukan hingga sosialisasi tahapan pemilu berjalan dengan aman.

Mendengar penjelasan ketua KPU, Filep Wamafma menyampaikan bahwa sebagai mitra, Komite I DPD RI hadir bersama staf ahli untuk memastikan semua tahapan bisa berjalan dengan baik dan merumuskan penyelesaian jika terdapat masalah.

Filep juga memberikan masukan agar penyelenggara pemilu (KPU dan Bawaslu) di tingkat provinsi dan kabupaten se-Papua Barat memastikan semua tahapan berjalan dengan baik. Menurutnya, apabila ditemui permasalahan, maka Komite I DPD RI siap membantu apabila harus dikomunikasikan ke KPU RI di Jakarta.

“Sebagai mitra kerja dengan DPD RI, kami siap membantu ketika ada masalah tahapan dan persiapan pencoblosan di provinsi Papua Barat. Sehingga kita bisa komunikasi dan kami harap penyelenggara pemilu di Papua Barat bisa berjalan dengan baik dan lancar sesuai harapan bersama,” pesan Filep. (WRP)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Berita Terkini

- Advertisment -