Minggu, 26 Mei 2024
Beranda Internasional Serahkan Surat-Surat Kredensial, Dubes RI Tekankan Jamaika Merupakan Mitra Dagang Penting Bagi...

Serahkan Surat-Surat Kredensial, Dubes RI Tekankan Jamaika Merupakan Mitra Dagang Penting Bagi Indonesia

Havana, Kuba – Duta Besar RI Havana, Nana Yuliana, telah menyerahkan salinan surat-surat Kredensial Presiden RI yang disampaikan kepada Menteri Luar Negeri dan Perdagangan Jamaika, Senator Kamina Johnson Smith yang dilakukan secara virtual pada Kamis (21/10/2021). Dubes Nana Yulianan merupakan satu-satunya Duta Besar asing yang diberikan kesempatan untuk melakukan penyerahan salinan surat Kredensial tersebut.

“Dalam bidang ekonomi, investasi dan perdagangan, Jamaika merupakan salah satu mitra penting Indonesia di bidang perdagangan di wilayah Karibia. Sejak awal tahun hingga bulan Agustus 2021, total perdagangan kedua negara mencapai hampir 10 juta USD, dengan surplus bagi Indonesia,”jelas Dubes Nana.

Hubungan bilateral Indonesia dan Jamaika yang telah terjalin sejak 17 Desember 1981 dan mencapai 40 tahun pada bulan Desember 2021 merupakan momentum untuk menjaga dan meningkatkan hubungan diplomatik antar kedua negara. Dubes Nana menyampaikan apresiasi atas usaha saling dukung antara Indonesia dan Jamaika di berbagai pencalonan di organisasi internasional.

Menlu Kamina Johnson Smith pada kesempatan tersebut menyampaikan ucapan selamat kepada Dubes Nana atas penugasannya dan berharap hubungan strategis Jamaika dan Indonesia dapat terus dilanjutkan dan semakin ditingkatkan. Dubes Nana juga menyampaikan bahwa Indonesia dan Jamaika memiliki kesamaan di dalam isu persamaan peran wanita di dalam diplomasi, dimana saat ini posisi tertinggi di kementerian kedua negara dipimpin oleh seorang wanita.

Peluang dan potensi kerjasama antara Indonesia dan Jamaika yang juga dapat dikembangkan adalah kerjasama capacity building antara Jamaika dan Indonesia. Menlu Kamina Johnson Smith secara langsung telah menyampaikan kemungkinan dilakukannya kegiatan capacity building di bidang pertanian, UMKM, khususnya guna peningkatan peran wanita dan generasi muda, pariwisata karena Jamaika merupakan tujuan turis internasional. Di bidang olahraga, kedua negara juga sudah memiliki MoU yang sedang dalam tahap pembahasan dan sedang menjajaki kerjasama pada cabang atletik.

Dalam penutupannya, Menlu Kamina Johnson Smith menyampaikan bahwa dengan setelah secara resmi menyerahkan Surat Kepercayaan kepada Gubernur Jenderal Jamaika pada tanggal 28 Oktober 2021 mendatang, peran Dubes RI akan semakin lebih ditingkatkan lagi guna kemajuan dan persahabatan kedua negara.

(Sumber: KBRI Havana)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Berita Terkini

- Advertisment -