Minggu, 26 Mei 2024
Beranda Sport Hadiri Pembukaan Kompetisi Selancar Tingkat Asia di Amban, Ini Harapan Filep Wamafma

Hadiri Pembukaan Kompetisi Selancar Tingkat Asia di Amban, Ini Harapan Filep Wamafma

MANOKWARI, JAGAINDONESIA.COM – Senator Papua Barat Dr. Filep Wamafma menghadiri undangan pembukaan International Surfing Competition dan Surfing Exhibition yang dilaksanakan oleh Asian Surfing Championship sebagai induk olahraga selancar tingkat Asia di kabupaten Manokwari, Papua Barat.

Dalam kesempatan itu, Dr. Filep Wamafma menyampaikan apresiasi atas penyelenggaraan kompetisi olahraga level internasional di Manokwari ini. Menurutnya, kompetisi ini menjadi hiburan tersendiri bagi masyarakat Manokwari karena dapat menyaksikan secara langsung. Pasalnya selama ini banyak masyarakat setempat hanya dapat melihat melalui layar televisi dan media sosial.

Selain itu, Filep juga mengungkapkan kebanggaannya lantaran anak-anak Papua khususnya anak asli Biak berumur 8-13 tahun turut mengikuti kompetisi selancar ombak ini. Meskipun usia mereka masih belia, namun bakat dan keberanian mereka layak diapresiasi oleh masyarakat Papua.

“Saya bangga sekali anak-anak kecil asli Biak yang tinggal di Arowi-Bakaro, Distrik Manokwari Timur ikut lomba surfing ini. Ini membuktikan bahwa anak-anak Biak tidak hanya menggunakan papan kayu bermain seluncuran ombak secara lokal, namun mereka juga mampu menggunakan papan selancar modern dan bertaraf internasional,” ungkap Filep usai pembukaan surfing, Selasa (27/12/2022).

Menyaksikan penampilan para atlet surfing cilik asli Papua ini, Filep berharap kelak mereka akan menjadi atlet profesional dan mampu mengharumkan nama daerahnya. Ia pun mengapresiasi kinerja panitia penyelenggara yang disambut antusiasme peserta dan masyarakat luas. 

“Saya harap anak-anak ini mereka terus dibina oleh komunitas yang sudah melatih mereka selama ini, agar mereka dipersiapkan untuk mengikuti event surfing secara lokal, regional, nasional dan internasional kedepannya,” tambah Filep.

Diketahui, pembukaan ajang internasional ini juga dihadiri oleh Pj Gubernur Papua Barat Paulus Waterpauw yang diwakili oleh Plt Kadis Pemuda dan Olahraga Papua Barat, Muhammad Sahir yang membuka secara resmi kegiatan tersebut di tanjung Amban, kabupaten Manokwari.

Kejuaraan itu juga menyelenggarakan nomor lomba bagi peserta lokal. Sejumlah peselancar dari berbagai klub lokal seperti Manokwari Surfing Club, Abasi Surfing Club, Papua Resin Surfing, Amban Surfing Club, Yenbabo Surfing Club, dan Bakaro Surfing Club turut menunjukkan kebolehan mereka berselancar dalam ajang olahraga ini. (WRP)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Berita Terkini

- Advertisment -