Minggu, 26 Mei 2024
Beranda Berita Daerah Eratkan Persatuan, Suku Byak Gelar Halal Bihalal

Eratkan Persatuan, Suku Byak Gelar Halal Bihalal

SORONG, JAGAINDONESIA.COM- Umat muslim suku Biak di Sorong Raya merayakan halal bihalal di gedung serba guna Pulau Dum, Kota Sorong, Papua Barat. Kegiatan ini dilaksanakan sebagai agenda silaturahmi pasca Idul Fitri dan upaya pemersatu keluarga besar suku Biak dalam memupuk kebersamaan dan menjaga kerukunan umat beragama di Papua Barat.

Hadir tokoh muslim Suku Biak Sorong Raya, kepala suku besar Biak Papua Barat Hengky Korwa, Bupati Raja Ampat Abdul Faris Umlati, Ketua DPRD Raja Ampat Abdul Warwe, Sekda Kota Sorong Yakob M. Kareth, Manfasfas DPD RI Filep Wamafma, Yosepus Mamberob Rumaikek, dan tamu undangan lainnya.

Sebelumnya acara halal bihalal dimulai, ceramah singkat dibawakan oleh Ustadz Idwar Polisoa, S.Ag. Ia menyampaikan bahwa kebersamaan dalam hubungan Agama antar suku Biak tentu memiliki sejarahnya tersendiri, sehingga tidak bisa pungkiri hubungan tersebut terjalin cukup harmonis.

Ustadz Idwar menuturkan bahwa keyakinan tentu saja boleh berbeda-beda, namun ikatan suku Biak terbukti cukup kuat dan silaturahmi terjalin baik.

“Saya hanya berpesan kita saling mengenal satu sama lain, maka melalui acara halal bihalal ini akan menjadi momentum untuk semua orang Biak di Papua Barat harus bersatu membangun suku ini lebih baik kedepannya, dan jangan lupa dengan sejarah agama sebagaimana saat ini kita kumpul” pesan Idwar, Sabtu (28/5).

Sementara itu, ketua muslim Biak Kepulauan Dum Kota Sorong Warfandu dalam arahannya menyatakan bahwa suku Biak ini bukan saja Mayoritas agama Kristen, namun muslim juga cukup banyak. Sejarah telah membuktikan bagaimana suku Biak ada karena kebersamaan agama.

Sementara, Kepala suku besar Biak Papua Barat, Hengky Korwa melalui sambutannya menyampaikan apresiasi kepada panitia pelaksanaan halal bihalal. Menurutnya, agenda silaturahmi tersebut merupakan program kerja dari suku Biak Sorong Raya. Ia berharap kedepannya dapat terus dilakukan.

Ditegaskan Korwa bahwa kegiatan tersebut bukan dibuat untuk kepentingan siapapun. Tujuannya ialah bagaimana menjaga kebersamaan suku Biak di Sorong.

Korwa juga menyampaikan terima kasih atas dukungan dari berbagai pihak sehingga kegiatan tersebut dapat berjalan lancar dan aman.

Sementara itu, Sekda Kota Sorong Yakob Kareth dalam sambutannya berharap partisipasi suku Biak di Sorong Raya dalam membangun kota Sorong. Ia berharap, komunitas suku Byak dapat terlibat menjaga keamanan dan kebersamaan dalam membangun kota Sorong yang jauh lebih kedepannya.

“Sejarah orang Biak di tanah Papua sangat luar biasa, mulai dari agama, pendidikan sangat luar biasa. Apapun yang terjadi di Papua ini orang Biak sangat berperan sekali, maka kita harap jaga hubungan suku Biak dengan suku Nusantara di daerah Sorong” pesan Sekda Kota Sorong. (WRP)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Berita Terkini

- Advertisment -