Senin, 22 April 2024
Beranda Ekonomi Disiapkan Lahan Lebih dari 1 Juta Ha, Ini Lokasi Rencana Pembangunan Pabrik...

Disiapkan Lahan Lebih dari 1 Juta Ha, Ini Lokasi Rencana Pembangunan Pabrik Gula di Papua

PAPUA, JAGAINDONESIA.COM – Pemerintah melalui Menteri Pertanian (Mentan) Amran Sulaiman mengungkapkan rencana masuknya investasi ke Papua berupa pembangunan kawasan industri gula. Baru-baru ini, Amran mengaku telah mendiskusikan rencana pembangunan pabrik gula dan perkebunan tebu itu dengan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK).

“Saya tadi diskusi, Dirjen dari kehutanan sudah siapkan lahan, nanti kami cek langsung,” ungkap Amran di Jakarta, dikutip Sabtu (10/11/2023).

Ia menerangkan, luas lahan yang telah disiapkan tersebut mencapai lebih dari 1 juta hektare. Dia juga menyebutkan lokasi ketersedian lahan yang akan dibangun pabrik gula dan perkebunan tebu itu berada di wilayah Papua Selatan.

“Lebih 1 juta (hektare), di Merauke,” ujarnya.

Rencananya, kawasan industri gula itu disebut akan berdiri di atas lahan seluas 1-2 juta hektare (ha). Akan tetapi, untuk sementara waktu, baru akan dibangun pabrik di lahan yang luasnya mencapai 200.000 hektare.

“Membangun kawasan (industri gula) di Papua, rencana 1-2 juta hektare. Tapi untuk sementara 200.000 hektare untuk membuat pabrik gula. Insyaallah gula kita jaya ke depan,” kata Amran di gedung Kementerian Pertanian, Jakarta Selatan, Selasa (7/11/2023).

Lebih lanjut, Amran menerangkan sejumlah pertimbangan lokasi pembangunan kawasan industri gula berada di Papua. Yang pertama, karena agro dan iklim yang sangat cocok untuk tanaman tebu dan kedua, lahan yang tersedia di Papua luas dan strategis. Meski begitu, dia tidak mengungkapkan kapan pembangunan industri itu dilaksanakan.

“Agroclimate-nya pertama, satu. Yang kedua, lahan yang luas. Jadi banyak pertimbangan. Ini kan industri besar, jadi sangat strategis kalau dibangun di Papua,” jelasnya.

Proyek pembangunan ini merupakan tindak lanjut dari kerja sama dengan Brasil yang akan memfasilitasi pembangunan 30 unit pabrik gula dan tebu di Indonesia dalam bentuk investasi teknologi dan mendatangkan para ahli.

“Kita minta agar pemerintah Brasil memfasilitasi rencana pembangunan 30 unit pabrik gula dan kebun tebu di Indonesia dalam bentuk investasi, dan kerja sama ini akan disusun dalam bentuk kelompok kerja,” ujar Amran di kesempatan sebelumnya.

“Saya yakin bahwa kami memiliki pandangan yang sama untuk menjalin kontak antara pembentukan kelompok kerja bersama kami di bidang pertanian. Yang paling prioritas adalah akses pasar. karena kedepannya kami ingin membangun pabrik gula dan perkebunan yang lebih luas,” ujarnya lagi. (UWR)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Berita Terkini

- Advertisment -