Minggu, 26 Mei 2024
Beranda Budaya Bupati Hingga Ketua Panitia HUT PI Apresiasi Aksi Bersih-Bersih Tim Relawan Saat...

Bupati Hingga Ketua Panitia HUT PI Apresiasi Aksi Bersih-Bersih Tim Relawan Saat Pawai Budaya

MANOKWARI, JAGAINDONESIA.COM – Pawai budaya HUT Pekabaran Injil (PI) ke-169 pada Sabtu (3/2/2024) berlangsung meriah dan menjadi momen berharga bagi semua suku di kabupaten Manokwari, Papua Barat. Para peserta pawai budaya nampak mengikuti kegiatan dengan antusias lengkap dengan berbagai atribut budaya yang dikenakan.

Turut mengikuti kegiatan tersebut, Tim Relawan HUT PI ke-169 dengan sigap membersihkan sampah di sepanjang rute dari Borarsi melewati Jalan Yos Sudarso hingga finish di Stadion Sanggeng. Aksi bersih-bersih sampah ini menuai pujian banyak masyarakat karena tindakan tersebut menjadi teladan yang baik sekaligus sebagai wujud semangat menyambut perayaan HUT PI ke-169 di Pulau Mansinam.

Pantauan awak media, ratusan relawan itu tergabung dari mahasiswa STIH, mahasiswa dari perguruan tinggi di Manokwari, pemuda GKI, pemuda muslim, dan masyarakat yang tergabung dalam tim relawan 169 memungut sampah di barisan paling belakang dari ribuan peserta pawai budaya. Tim relawan juga membersihkan seluruh sampah di titik lokasi stadion Sanggeng Manokwari setelah acara penutupan.

Aksi bersih-bersih sampah ini didampingi ketua relawan 169, Herzon Korwa, Sekretaris Herikson Auparai, Ishak S.K. Mansawan, dosen dan staf STIH Manokwari yang turut mengumpulkan sampah bersama tim relawan sehingga pawai budaya tidak meninggalkan bekas sampah dari peserta pawai budaya.

Menanggapi aksi ini, Bupati Manokwari, Hermus Indouw menyampaikan apresiasi khusus kepada tim relawan HUT PI ke-169 karena secara gerilya turun tangan membersihkan semua sampah. Menurutnya, hal ini layak dipuji lantaran dari tim relawan sangat membantu sepenuhnya panitia dan pemerintah daerah.

Ucapan terima kasih juga disampaikan oleh ketua panitia HUT PI, Drs. Dominggus Mandacan yang memuji aksi pasukan merah dan membantu panitia sehingga tidak lagi perlu membersihkan pasca kegiatan. Ia pun mengapresiasi inisiator pembentukan tim relawan yakni Dr. Filep Wamafma SH, MHum.

“Luar biasa inisiatif dari Filep Wamafma yang sudah membentuk tim relawan HUT PI yang sangat luar biasa membantu panitia. Dan hal seperti ini patut diacungi jempol atas kerja keras dan kerjasama yang baik oleh anak-anak muda yang sudah turun membantu panitia dan pemerintah daerah,” ungkap Dominggus Mandacan.

Sementara itu, berdasarkan data panitia HUT PI tahun 2024 ini, tercatat peserta pawai budaya mencapai lebih dari 6000 ribu umat dari berbagai suku di kabupaten Manokwari, denominasi gereja dan umat agama lain yang tampil gemilang dengan khas adat istiadat kesukuan masing-masing.

Kegiatan pawai budaya ini berjalan dengan meriah, tertib dan lancar. Hal ini menunjukkan semangat masyarakat Manokwari dan sekitarnya untuk menyambut perayaan Hari Ulang Tahun Pekabaran Injil (HUT PI) ke-169 di Pulau Mansinam. (WRP)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Berita Terkini

- Advertisment -