Minggu, 26 Mei 2024
Beranda Pendidikan Sambut Menlu RI di Kuliah Umum STIH Manokwari, Filep Wamafma Tekankan Hal...

Sambut Menlu RI di Kuliah Umum STIH Manokwari, Filep Wamafma Tekankan Hal Ini

MANOKWARI, JAGAINDONESIA.COM – Menteri Luar Negeri (Menlu) Republik Indonesia Drs. Retno Lestari Priansari Marsudi, LL. M memberikan kuliah umum kepada mahasiswa/i Sekolah Tinggi Ilmu Hukum (STIH) Manokwari, Senin (21/8/2023).

Kuliah umum yang kali ini membahas tentang Diplomasi ini diadakan dalam rangka peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-78. Adapun tema yang diusung yakni ‘ASEAN, Tantangan Globalisasi dan Peran Politik Luar Negeri Indonesia’.

Menlu Retno Marsudi menyampaikan materi kuliah umum secara daring dan diikuti antusiasme mahasiswa STIH Manokwari yang hadir secara langsung di aula kampus STIH Manokwari. Selain itu, mahasiswa/i STIH kelas B Prafi dan kelas C Momi Waren di kabupaten Manokwari Selatan juga menyimak secara daring paparan dari Menlu.

Dalam kesempatan itu, Ketua STIH Manokwari, Dr. Filep Wamafma menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi kepada Menlu Retno yang bersedia memberikan materi kuliah umum kepada mahasiswa/i dan sivitas STIH Manokwari.

Filep menyampaikan, kuliah umum tersebut sangat penting bagi mahasiswa/i dalam rangka pembukaan perkuliahan pada semester ganji sesuai kalender akademik STIH Manokwari. Terlebih, kuliah umum kali ini menghadirkan pejabat negara untuk memberikan edukasi dan pemahaman kepada mahasiswa/i tentang peran mahasiswa dalam ketahanan nasional dan pertahanan negara sebagai generasi bangsa.

“Materi yang disampaikan Bu Menlu ini penting sehingga harus dipahami mahasiswa/i STIH, termasuk kerja-kerja Kemlu baik di dalam dan di luar negeri, khususnya bagi tanah Papua. Maka saya menyampaikan terima kasih banyak, dan tentu saja Bu Menlu juga bisa mengetahui sejarah berdirinya STIH Manokwari, sebab STIH hadir di tanah Papua sudah ada pasca interigasi Papua ke NKRI,” ungkap Dr. Filep lewat sambutannya.

Filep pun berharap Menlu dapat memberikan suatu catatan sejarah tentang berdirinya STIH Manokwari dalam mencerdaskan generasi Papua di NKRI. Pimpinan komite I DPD RI ini lantas juga berharap Menlu dapat memberikan informasi tentang beasiswa luar negeri kepada mahasiswa/i sivitas akademika STIH.

“Harapannya, kedepan nanti akan ada peluang beasiswa yang bisa dimanfaatkan bagi mahasiswa/i, alumni dan dosen STIH Manokwari untuk kuliah keluar negeri,” ujarnya.

Pace Jas Merah itu menyampaikan pula bahwa STIH Manokwari memiliki misi go internasional ke depan. Ia mengharapkan agar Menlu bisa memberikan peluang dan kemudahan bagi STIH Manokwari dalam program pertukaran keluar negeri bagi STIH melalui kuota Program Kampus Merdeka.

Mengakhiri sambutannya, Filep berpesan kepada mahasiswa/i untuk mengikuti dengan baik kuliah umum yang disampaikan oleh Menlu agar mendapat informasi penting sebagai tambahan ilmu dan wawasan bagi mahasiswa/i STIH. (WRP)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Berita Terkini

- Advertisment -