Senin, 26 Februari 2024
Beranda Hukum HUT Ke-5 Peradi Manokwari, Demianus Waney Minta Tingkatkan Kemahiran Hukum bagi Rakyat

HUT Ke-5 Peradi Manokwari, Demianus Waney Minta Tingkatkan Kemahiran Hukum bagi Rakyat

MANOKWARI, JAGAINDONESIA.COM – Puncak perayaan ulang tahun ke-5 Dewan Pimpinan Cabang Perhimpunan Advokat Indonesia (DPC Peradi) Kabupaten Manokwari digelar penuh khidmat di Kantor DPC Peradi Manokwari.

Dalam acara tersebut, Ketua Peradi Manokwari, Demianus Waney, S.H., M.H mengatakan kehadiran organisasi yang dipimpinnya di Manokwari ini merupakan ikhtiar untuk menjembatani kebutuhan akan akses masyarakat terhadap keadilan khususnya bantuan hukum.

“Ada kenyataan bahwa di awal berdirinya, kesadaran hukum masyarakat masih rendah, dan ada kebutuhan untuk terus meningkatkan kualitas dan kuantitas advokat dalam rangka melayani publik dalam konteks penegakan hukum melalui tugas-tugas yang diemban advokat,” kata Waney, di Wosi, Sabtu (21/5/2023) sore.

Waney juga menyampaikan agar anggota Peradi di Manokwari terus berupaya meningkatkan kualitas pemahaman mengenai seluk beluk hukum, misalnya memperbanyak membaca, maupun mengikuti pelatihan-pelatihan yang mengarah ke spesialisasi kemahiran hukum.

Ia pun meminta seluruh anggotanya menjaga marwah advokat sebagai officium nobile atau profesi terhormat dan memahami tugas advokat sebagai bagian dari upaya pemajuan dan perlindungan hak asasi manusia.

Acara tersebut dihadiri belasan anggota Peradi termasuk sejumlah calon advokat yang telah mengikuti pendidikan khusus profesi advokat maupun ujian advokat. Waney didampingi koleganya Erwin Rengga, SH yang juga adalah ketua Pusat Bantuan Hukum (PBH) Peradi Manokwari. PBH adalah unit layanan Peradi untuk menangani klien secara gratis bagi warga yang tidak mampu.

Diketahui, HUT Peradi diperingati dengan menggelar aksi sosial berupa donor darah di kantor PMI Manokwari serta pembekalan hukum acara bagi seluruh advokat muda Peradi yang baru saja diambil sumpahnya sebagai advokat. (WRP)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Berita Terkini

- Advertisment -