Minggu, 26 Mei 2024
Beranda Hukum Danai Pembelian Ratusan Amunisi untuk KKB, 2 Aparat Kampung Ini Resmi DPO

Danai Pembelian Ratusan Amunisi untuk KKB, 2 Aparat Kampung Ini Resmi DPO

PAPUA, JAGAINDONESIA.COM – Dua aparat kampung di Kabupaten Nduga yakni A dan GK resmi ditetapkan masuk daftar pencarian orang (DPO) oleh Polda Papua. Keduanya menjadi DPO karena diduga terlibat mendanai pembelian 615 butir amunisi bagi kelompok kriminal bersenjata (KKB) Nduga.

A dan GK dicurigai memberi uang kepada oknum ASN Nduga berinisial AN yang sebelumnya tertangkap di Yalimo. Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Papua, Kombes Faizal Rahmadani menyampaikan keduanya merupakan aparat kampung di Distrik yang berbeda.

“Yang pertama inisialnya A, dia merupakan seorang sekertaris desa sedangkan yang satu lagi inisial GK merupakan kepala kampung,” ungkap Kombes Faizal di Jayapura, Jumat (12/8/2022).

Faizal menjelaskan, A dan GK masing-masing memberikan uang kepada AN dalam jumlah yang sama yakni Rp. 100 juta ke oknum ASN tersebut.

“Masing-masing kasih Rp 100 juta ke AN,” jelas Faizal.

Sebelum A dan GK masuk DPO, Polda Papua telah menangkap Kepala Kampung Wusi Terius Labi yang diduga memberikan uang kepada AN senilai Rp 150 juta. Dana tersebut diambil TL dari dana desa.

Disebutkan, TL memberikan sejumlah dana tersebut atas dasar suka rela dan ingin memberikan sumbangsih kepada KKB. Kini TL pun telah ditetapkan sebagai tersangka.

Adapun penangkapan ini merupakan pengembangan kasus dari penangkapan AN. Dari hasil pemeriksaan terhadap AN, polisi menemukan nama-nama donatur untuk membeli amunisi KKB tersebut.

Oleh sebab itu selain TL, terdapat dua oknum pejabat kampung lainnya yakni A dan GK yang telah memberikan uang kepada AN sehingga total uang yang diberikan untuk membeli amunisi sebesar Rp 450 juta.

Penangkapan ini juga mengungkap keterlibatan dua oknum anggota TNI yakni Kopda BI dan TJR. Ratusan butir amunisi itu diduga akan diberikan kepada KKB Nduga pimpinan Egianus Kogoya. Selain ketiganya, polisi juga menangkap seseorang lainnya dengan inisial LT yang diduga berperan sebagai penyalur amunisi.  (UWR)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Berita Terkini

- Advertisment -