Sabtu, 4 Februari 2023
Beranda Politik Mundur, Wamendagri Sebut Jadwal Peresmian 3 DOB Papua dan Penyerahan Nama Calon...

Mundur, Wamendagri Sebut Jadwal Peresmian 3 DOB Papua dan Penyerahan Nama Calon Pj ke Presiden

PAPUA, JAGAINDONESIA.COM – Peresmian 3 Daerah Otonom Baru (DOB) di Papua dipastikan mundur hingga awal November 2022 mendatang. Wakil Menteri Dalam Negeri (Wamendagri) John Wempi Wetipo menyampaikan, peresmian yang sebelumnya ditargetkan pada akhir Oktober itu akan dilaksanakan sebelum tanggal 10 November 2022 mendatang.

Wempi menyebut, perubahan itu lantaran keperluan persiapan peresmian ketiga provinsi baru di Papua tersebut.

“Harapan kita sebenarnya akhir bulan ini tetapi waktu terlalu mepet, jadi kita harap kalau tidak ada perubahan itu sebelum 10 November jadi itu sekaligus peresmian DOB dan Pj (Penjabat) dilantik,” ujar Wempi di Jayapura, Jumat (28/10/2022).

Selain itu, Wempi mengatakan, Kemendagri berencana mengirimkan nama-nama calon Pj gubernur kepada Presiden dalam waktu dekat. Wempi menambahkan, kegiatan itu akan dipusatkan di Jakarta dengan pertimbangan untuk menghindari kecemburuan antar daerah.

Meskipun begitu, Wempi mempersilakan ketiga DOB untuk melakukan penyambutan Pj gubernur pasca agenda peresmian itu.

“Saya meminta laporan dari semua Pokja mengenai persiapan (DOB) karena Senin (31/10/2022) besok nama-nama calon Pj akan kita masukkan ke Pak Presiden,” ungkap Wempi.

“Kegiatan akan dipusatkan di Jakarta, nanti pada saat penyambutan Pj Gubernur, DOB-nya mau buat penyambutan silakan,” imbuhnya.

Selain Pj Gubernur, posisi Sekretaris Daerah (Sekda) di 3 provinsi baru tersebut juga sudah ditentukan. Anggota Komisi IV DPR RI Dapil Papua, H Sulaeman L Hamzah menyampaikan, Sekda 3 DOB akan diisi oleh ASN dari Pemerintah Provinsi Induk yakni Provinsi Papua.

Menurut Sulaeman, ketiga nama calon Sekda itu juga sudah ada namun dirinya dapat menyebutkan nama-nama tersebut.

‚ÄúTiga DOB sudah beberapa kali dibahas dan khusus jabatan Sekdaprov memang diharapkan dari provinsi induk untuk membackup DOB di Papua,” kata Sulaeman dikutip dari Tribun Papua, Jumat (28/10/2022).

Ia menjelaskan, posisi Sekda merupakan jabatan karier dengan kriteria tertentu. Oleh sebab itu, calon Sekda 3 DOB tidak dapat diperoleh dari aspirasi pihak manapun maupun dari unsur TNI-Polri.

“Sekda definitif pasti akan datang setelah Pj gubernur datang. Mungkin bersamaan mereka akan masuk di wilayah ini. Pastinya akhir Oktober ini, jadi tinggal menghitung hari akan dilantik kemudian dikirim ke daerah,” ujarnya. (UWR)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Berita Terkini

- Advertisment -