Minggu, 26 Mei 2024
Beranda Pendidikan Di Bulan Kemerdekaan, Filep Wamafma Kembali Gelar Sosialisasi 4 Pilar MPR RI

Di Bulan Kemerdekaan, Filep Wamafma Kembali Gelar Sosialisasi 4 Pilar MPR RI

MANOKWARI – Jelang HUT RI ke-77, senator Papua Barat Filep Wamafma kembali menggelar sosialisasi 4 Pilar MPR RI pada Minggu sore, 7 Agustus 2022. Kegiatan tersebut di gelar di lingkungan kampus STIH Manokwari bersama para mahasiswa.

Pada kesempatan tersebut, Filep Wamafma mengajak para mahasiswa untuk menggali lebih jauh makna kemerdekaan serta hubungannya dengan UUD 1945 dan sila pertama Pancasila.

“Bagian pertama Pembukaan UUD 1945 dengan jelas mengatakan bahwa kemerdekaan itu adalah hak segala bangsa. Karena itu, patut kiranya kita bersyukur dan mengisi kemerdekaan dengan berbagai hal positif, terutama dengan belajar dan berprestasi.” Jelas Filep.

Filep juga menguraikan bahwa salah satu penyebab dari krisis multidimensional yang sedang mendera Indonesia (terutama generasi muda) saat ini ialah karena kehilangan arah dan prinsip, terutama karena belum memahami secara utuh esensi kemerdekaan diri dan esensi kemerdekaan berbangsa. Karena itu, tata nilai yang tertuang didalam Pancasila dan UUD 1945 wajib menjadi wacana di kampus dan sekolah.

“Semangat keberTuhanan pada sila pertama sesungguhnya sudah cukup menjadikan kita manusia yang merdeka dan terus berupaya adil. Karena manusia yang berTuhan, memiliki tanggungjawab moral yang kuat sehingga ia sadar bahwa tingkah lakunya akan dipertanggungjawabkan dihadapan sang Kuasa.” Tambahnya.

Untuk itu, Filep menyebut bahwa memahami Pancasila merupakan upaya yang terus menerus, bukan berhenti di satu titik. Apalagi, jika hanya diajarkan dalam bentuk hafalan.

Pada kesempatan tersebut, Filep juga memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk bertanya dan berdiskusi, sekaligus mengarahkan civitas akademika untuk membuat program tahunan terkait penguatan pemahaman mahasiswa terhadap Pancasila. (Kr)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Berita Terkini

- Advertisment -