Senin, 22 April 2024
Beranda Berita Daerah CPNS-PPPK Dibuka Mei, Pemprov Papua Selatan Buka 1000 Formasi 80 Persen untuk...

CPNS-PPPK Dibuka Mei, Pemprov Papua Selatan Buka 1000 Formasi 80 Persen untuk OAP

JAGAINDONESIA.COM – Penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK) tahun 2024 direncanakan dibuka pada Mei 2024 mendatang.

Plt Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Haryomo Dwi Putranto mengatakan, saat ini sejumlah kementerian dan lembaga masih merinci kebutuhan ASN. 

“Bulan Mei akhir akan kita lakukan pengumuman formasi apa saja yang dibuka dalam rekrutmen ASN 2024 meliputi CPNS dan PPPK,” kata Haryomo, dilansir dari Kompas.com, Selasa (19/3/2024). 

“Tesnya dilakukan sebulan setelah itu, akhir bulan Juni kita akan melakukan seleksi untuk formasi yang di luar kedinasan atau formasi umum,” ujarnya lagi.

Meski begitu, Plt Kepala Biro Humas, Hukum, dan Kerja Sama BKN Nanang Subandi mengimbau masyarakat untuk tetap menunggu pengumuman resmi dari pemerintah terkait penerimaan pegawai tersebut.

“Perihal final jadwal seleksi CASN 2024 mohon menunggu pengumuman resminya dari Panitia Seleksi Nasional (Panselnas),” ucapnya.

Nanang menyampaikan sebelumnya bahwa rangkaian rekrutmen CASN tahun ini akan diadakan sebanyak tiga kali. Menurutnya, pelaksanaan seleksi CASN 2024 periode pertama akan diawali dengan seleksi sekolah kedinasan mulai April. Hal tersebut berdasarkan agenda terakhir yang disampaikan Panselnas dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) pada 13 Maret 2024. 

“Dilanjutkan periode kedua seleksi CPNS dan PPPK mulai Mei, dan periode ketiga CPNS dan PPPK rencananya mulai sekitar Juli,” ucap Nanang. 

Sementara itu, Pemerintah Provinsi Papua Selatan untuk pertama kalinya membuka penerimaan CPNS sebanyak 1.000 orang. Terkait hal itu, Pj Gubernur Papua Selatan Prof. Dr. Ir. Apolo Safanpo mengatakan, alokasi CPNS 2024 sebanyak 1.000 orang itu seluruhnya merupakan tenaga teknis.

Hal itu, lanjutnya, berdasarkan persetujuan Menteri Pendayagunaan Aparatur Sipil Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia tertanggal 13 Maret 2024 tentang persetujuan prinsip kebutuhan pegawai Aparatur Sipil Negara di lingkungan Pemerintah Provinsi Papua Selatan tahun 2024.

 “Kebijakan Pemprov Papua Selatan dalam penerimaan CPNS ini adalah 80 persen atau sebanyak 800 CPNS untuk orang asli Papua dan 20 persen atau sebanyak 200 orang untuk formasi umum atau non OAP,’’ kata Apolo Safanpo, dikutip dari Cenderawasih Pos, Kamis (28/03/2024).

Selain Pemprov Papua Selatan, Pemerintah pusat juga menyetujui dialokasikan penerimaan CPNS dan P3K untuk Kabupaten Mappi sebanyak 2.787 formasi yang terdiri dari 150 CPNS dan 2.637 untuk P3K.

Lebih lanjut, Pj Apolo Safanpo meminta untuk para pencar kerja segera menyiapkan seluruh berkas administrasi yang dibutuhkan mulai saat  pendaftaran sampai seleksi penerimaan CPNS di lingkungan Pemprov Papua Selatan  tersebut. (UWR)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Berita Terkini

- Advertisment -